10 Etika Dalam Berbisnis Yang Harus Anda Ketahui

Written by Bobi on June 18, 2020 in Bisnis Marketing with no comments.

Menurut KBBI, “wira” berarti pahlawan gagah berani, sedang “usaha” adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai sesuatu. Selain penghasilan menggiurkan, wirausaha juga dapat membantu kemajuan perekonomian bangsa lho. , industri manufaktur, Teknologi informasi atau bahkan usaha jasa mencuci dan menyetrika pakaian.

Sikap yang seharusnya kita miliki sebagai seorang pengusaha

Pelanggan saat ini selalu ingin segalanya serba cepat, setidaknya, mereka bisa mendapatkan jawaban atau kepastian sesegera mungkin. Selain harus memuaskan mereka dengan kualitas barang atau jasa yang kamu tawarkan, kamu juga harus memenuhi kebutuhan mereka akan informasi dengan sesegera mungkin. Bukan hanya semata-mata mencari keuntungan, membuka sebuah usaha kecil maupun besar tentu bertujuan utama untuk kenyamanan konsumen. Ketika kamu berkeinginan membuka usaha, kamu perlu belajar tentang perilaku konsumen. Perilaku konsumen ini penting banget bagi wirausaha untuk mengawasi pasar/target konsumen.

Modal yang terkumpul kemudian dimanfaatkan untuk aktivitas produktif dan mengubahnya menjadi barang atau jasa yang memiliki nilai guna. Sumber daya atau modal keuangan yang terkumpul ini adalah dasar dari penciptaan kekayaan dalam perekonomian. Inovasi pengusaha akan meluncurkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, walaupun bukan barang atau jasa yang umum.

Empati dan simpati sangat diperlukan dari sikap seorang pemimpin terhadap dampak krisis yang dialami oleh karyawan, keluarga karyawan, masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, hingga rakyat negara mana perusahaannya berdiri. Dengan rasa peduli ini, seorang pemimpin akan mampu menjaga rasa emosi karyawan dan mereka yang terlibat di dalam perusahaannya. Sifat percaya diri merupakan sikap yakin pada diri sendiri dalam melakukan suatu tugas dan pekerjaan. Percaya diri akan membuat seseorang lebih berkembang, yakin dan hubungannya dengan keberanian dalam mengambil keputusan.

Jika memungkinkan carilah dan pilih lingkungan yang dapat membuat dirimu semangat dan beretos kerja tinggi. Semua pekerjaan merupakan peluang untuk kita menuangkan kreativitas sebanyak mungkin. Semakin banyak kreativitas yang bisa kita berikan pada perusahaan, membuat umur sumber rezeki semakin panjang.

Padahal jika kita renungkan, pastinya pemberian hadiah tersebut tidak akan diberikan oleh mereka, jika posisi kita tidak berhubungan dengan mereka. Coba saja uji, apakah para stakeholder tersebut akan tetap memberikan hadiah ketika kita sudah pensiun atau sudah tidak menduduki posisi tersebut? Apakah para stakeholder akan sukarela menghubungi kita yang sudah duduk manis di rumah? Jika jawabannya adalah tidak, berarti hadiah tersebut tidak diberikan dalam rangka pertemanan melainkan sudah merupakan bagian dari suap. Setiap manusia menginginkan untuk menjadi lebih baik dan memiliki sesuatu yang baik adalah fitrah yang diberikan Allah Swt kepada manusia. Setiap hal yang diinginkan pasti akan terpintas di dalam pikiran manusia, akan tetapi kita harus ingat bahwa keinginan tersebut jangan sampai hanya membuat kita berangan-angan bahkan membuang-buang waktu.

Hasil kompromi untuk mencapai win-win resolution biasanya merupakan hasil terbaik yang seringkali dapat mencapai manfaat yang lebih besar bagi semua pihak. Meskipun ini tidak selalu terjadi atau tidak selalu memungkinkan, namun win-win solutionharus menjadi tujuan akhir dari proses negosiasi dibandingkan semua pihak berpegang pada posisi semula. Dalam proses negosiasi terdapat beberapa tahapan proses yang akan dilakukan oleh seorang negosiator agar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan. Untuk mencapai suatu kesepakatan dan hasil yang diinginkan, diperlukan suatu pendekatan yang sistematis dan terstruktur dalam bernegosiasi. Salah satu strategi yang perlu dilakukan untuk menghadapi revolusi industri four.zero adalah dengan cara memperluas networking yang ada. Memiliki networking yang luas sangat diperlukan untuk membuka peluang-peluang baru.

Namun, saat mereka melakukan kesalahan, jangan melakukan hal yang sama. Sebaliknya, jika memang perlu ditegur, lakukan secara pribadi dan tidak di hadapan banyak orang. Apabila tetap dilakukan, karyawan justru akan terlalu malu dengan karyawan lain sehingga tak mampu menyerap teguran yang Anda berikan. Untuk dapat mencapai tujuan-tujuannya, maka diperlukan sikap dan perilaku yang mendukung pada diri seorang wirausahawan.

Comments are closed.