4 Cara Bertanggung Jawab Terhadap Hidup Yang Kita Miliki

Written by Bobi on June 17, 2020 in Bisnis Marketing with no comments.

Sistem nilai ini tentunya akan mempengaruhi atau menentukan pola hidup para penganutnya. Cara berpikir, bersikap dan bertindak seseorang pastilah diwarnai oleh ajaran agama yang dianutnya jika ia sungguh-sungguh dalam kehidupan beragama. Dengan demikian, kalau ajaran agama itu mengandung nilai-nilai yang dapat memacu pembangunan, jelaslah bahwa agama akan turut menentukan jalannya pembangunan atau modernisasi.

Lain kali, ketika kita mendapati diri untuk mencari-cari alasan, segera katakan kalimat ini di dalam hati kita “Hei , sudah cukup. Menghadapi semua konsekuensinya adalah keputusan terbaik yang perlu saya ambil”. Setelah itu, kita perlu menanamkan pola pikir positif atas setiap kegagalan yang kita hadapi dan kesalahan yang kita lakukan. Lantas, bagaimana caranya agar kita memiliki sikap bertanggung jawab atas kehidupan yang sedang kita jalani sekarang? Menurut web site the stability careers dot com, ada four cara yang bisa kita terapkan untuk bisa bertanggung jawab terhadap hidup yang kita miliki.

Saat kegagalan menghampiri, jangan sepenuhnya menyalahkan diri sendiri. Anda harus membiasakan diri untuk membuat pola pikir bahwa kesalahan yang Anda lakukan bisa diperbaiki dan bisa menjadi pembelajaran di kemudian hari. Latih keyakinan dalam pikiran bahwa Anda dapat melakukan berbagai macam hal baik yang mampu membawa Anda menuju gerbang kesuksesan. Misalnya, meyakini bahwa Anda mampu belajar dengan giat untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Jangan pernah melakukan hal-hal bodoh untuk menggapai keberhasilan, karena bukan keberhasilan yang akan di peroleh namun kegagalan lah yang akan datang.

Kreatif, seorang entrepreneur mempunyai ide yang berbeda, ide lebih baik dan diterima masyarakat. Dari konsep pemikiran lah akan terbangun bagaimana langkah nyata yang akan diupayakan untuk meraih kesuksesan. Isilah dengan hal-hal positif yang akan memberikan dorongan besar untuk Anda meraih kesuksesan. Sebagai pebisnis yang profesional, Anda harus mempelajari setiap kompetitor dengan baik. Ketahui produk yang dijual, strategi yang digunakan, dan kelebihan yang dimiliki oleh produknya. Belum memiliki keunikan dan nilai jual dalam produk yang dihasilkan.

Jangan cari-cari alasan bahwa seseorang mempengaruhi tindakan kita atau seseorang telah menjebak kita sehingga kegagalan muncul begitu saja. Jadi jika kita membuat suatu kesalahan, itu tandanya kita harus bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Keuntungan lain yang tidak kalah penting yaitu usaha yang bisa di wariskan. Tidak sedikit usaha-usaha sukses yang saat ini sudah dijalankan turun temurun hingga ke anak cucu.

Sikap yang seharusnya kita miliki sebagai seorang pengusaha

Kemampuan adaptasi di berbagai situasi merupakan hal yang wajib dimiliki pengusaha sukses. Apapun situasinya, apapun yang perlu dilakukan, mereka akan menghadapi dan melakukannya demi keamanan serta kesejahteraan pekerja dan pelanggannya. Sebelum punya pekerja, pengusaha mengerjakan segala sektor bisnisnya sendiri. Menerapkan sikap optimis pada kehidupan sehari-hari penting untuk dilakukan. Pasalnya, orang yang memiliki sikap optimis cenderung memiliki kesehatan psychological dan fisik yang lebih baik, sehingga kualitas hidupnya pun baik. Dalam hidup kita harus di tuntut untuk terus berdoa, percuma jika ada usaha namun tidak di imbangi dengan doa.

Orang kaya biasanya menabung dengan jumlah besar dibandingkan dengan orang miskin. Akan tetapi pada dasarnya manusia tidak akan pernah merasa yang namanya sebuah kepuasan. Contoh kecil dari hal tersebut misalnya jika masyarakat tersebut sudah memiliki sebuah motor namun ingin juga memiliki sebuah mobil.

Saling ketergantungan dan saling keterhubungan merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Era reformasi yang diawali krisis moneter tahun 1998, merupakan bukti kuatnya pengaruh globalisasi terhadap dinamika kehidupan nasional. Sejak period reformasi digulirkan tahun 1998, dari perspektif kehidupan demokrasi, kehidupan politik nasional mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Kebebasan dan keterbukaan dalam menyampaikan pendapat, menjadi ciri kehidupan masyarakat sehari–hari. Di satu sisi, pencapaian ini tentu saja merupakan kemajuan dan prestasi besar bangsa. Namun di sisi lain, tidak dapat disangkal, bahwa keseharian kehidupan masyarakat telah diwarnai pola pikir, pola sikap dan pola tindak individualistis dan kelompok.

Begitu juga dengan pemimpin hendaknya tingkah laku dan perbuatannya patut diteladani, dapat dijadikan arah bagi tujuan individu, kelompok maupun organisasi. Pemimpin dapat bersifat laksana Bulan , yang mempunyai sifat indah, sejuk, menawan dan mampu menerangi kegelapan. Dari dua definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya konflik itu adalah adanya dua kelompok yang saling bertentangan baik secara terbuka maupun latent . Konflik itu kadang-kadang merupakan suatu yang sangat perlu dalam suatu organisasi, tapi konflik yang bagaimana? Tentu saja konflik yang dapat merangsang perubahan dalam organisasi dan dapat menolong organisasi untuk secara terus menerus belajar , namun tidak semua konflik akan menciptakan perubahan yang positif. Konflik yang mampu merangsang perubahan hanyalah konflik yang lazim disebut konflik fungsional.

Comments are closed.