Ini 4 Strategi Pintar Menabung Untuk Naik Haji

Written by Bobi on June 20, 2020 in Bisnis Marketing with no comments.

Kira-kira seperti itulah ideas ringan agar Anda bisa mulai menabung. Kendati tak mudah, namun jika Anda berkomitmen untuk menabung maka tak ada kata tidak mungkin. Jadi, misalnya Anda berbelanja dan mendapatkan kembalian tiga lembar uang Rp20.000,-, maka semua uang Rp20.000,- tersebut harus ditabungkan. Begitu juga ketika Anda menemukan uang Rp20.000,- di dalam tas atau saku, maka uang tersebut harus langsung ditabungkan.

Setelah dana darurat sudah terkumpul, Anda dapat melanjutkan proses investasi. Pertama, tentukan terlebih dahulu tujuan investasi Anda serta jangka waktu yang dibutuhkan. Kemudian, Anda dapat mulai berinvestasi saham dan menyesuaikan kebutuhan Anda. Well, Ladies, kamu harus bisa menetapkan dulu berapa besaran jumlah uang yang akan ditabung terlebih dahulu.

Menyisihkan 10-20% dari pemasukan dan menransfernya ke rekening lain merupakan cara yang efektif untuk menabung. Hal ini juga berlaku bila Anda ingin menabung untuk biaya pendidikan anak Anda. Buatlah agar akses pada rekening ini sulit, jangan bawa kartu debitnya agar Anda tidak tergoda untuk menggunakannya. Sebenarnya menabung merupakan hal yang dapat Anda lakukan bila pendapatan Anda lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari.

Setiap orang biasanya lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu jika memiliki tujuan. Anda akan termotivasi jika memiliki rencana-rencana yang hendak dicapai di masa datang. Dengan demikian, Anda sadar bahwa tujuan menabung untuk mencapai rencana finansial yang telah disusun. Untuk tabungan jangka panjang sendiri, Anda harus menargetkan secara konkret tujuan menabung, misal untuk membeli rumah, tabungan dana haji, atau mungkin modal menikah dan lainya. Jika target sudah jelas, Anda akan selalu termotivasi untuk segera meningkatkan jumlah tabungan tersebut.

Tentukan jumlah dana yang akan secara otomatis ditarik dari saldo gaji ke rekening yang dibuat dan ditujukan khusus untuk tabungan membeli rumah. Ada beberapa orang yang berpenghasilan besar, namun selalu gagal menabung dan cenderung hidup pas-pasan. Bagaimanapun juga, karyawan merupakan profesi yang cukup beresiko. Untuk mengantisipasinya, memiliki tabungan merupakan salah satu solusinya.

Mulailah realisasikan nasehat dari pepatah tersebut dengan mengumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet. Sediakan celengan dengan ukuran besar untuk mengumpulkan recehan ini. Caranya, kunjungi bit.ly/nabungcukupselfie, siapkan dokumen, pilih jenis tabungan, dan lengkapi data, unggah foto selfie dengan dokumen yang diperlukan. Proses pembuatan rekening di BNI dapat dilakukan setiap hari, termasuk hari libur.

Tips untuk menabung

Lalu, buatlah solusi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Catatan keuangan pribadi juga bisa untuk tujuan keuangan yang ingin kita gapai dengan rentan waktu yang sudah ditentukan. Begitu terima gaji, langsung sisihkan minimal 10% untuk ditabung di rekening terpisah. Kalau kamu hemat dan nggak sedang mengambil kredit, saya yakin kamu mampu menabung setidaknya 40% dari gaji. Selain membayar utang, Ladies pun juga wajib memikirkan persoalan pengeluaran dengan bijak. Segera hentikan langkah boros menuju cara hidup hemat untuk mendapatkan tabungan sesuai dengan yang Ladies targetkan.

Comments are closed.